Etihad Stadium - Berita Seputar Liga Premier

Latest

Klasemen Piala Dunia 2022 Qatar

Monday, January 2, 2023

Etihad Stadium

 

etihad stadium
Etihad Stadium - Stadion Kota Manchester di Manchester, Inggris, terkadang dikenal sebagai Stadion Etihad karena alasan sponsor, adalah stadion kandang tim Liga Utama Inggris Manchester City F.C., dengan kapasitas sepak bola domestik 53.400, peringkat keenam di Inggris dan kesepuluh di Amerika Serikat Kerajaan.

Awalnya dibangun untuk menjadi tuan rumah Commonwealth Games 2002, stadion ini telah menjadi tuan rumah Final Piala UEFA 2008, sepak bola internasional Inggris, pertandingan liga rugby, pertarungan gelar dunia tinju, pertandingan grup terakhir tim rugby Inggris di Piala Dunia Rugby 2015, dan konser musik musim panas selama musim sepak bola.

Stadion, yang dianggap sebagai fasilitas atletik dalam tawaran Manchester untuk Olimpiade Musim Panas tahun 2000, diubah setelah Pesta Olahraga Persemakmuran tahun 2002 dari arena berkapasitas 38.000 menjadi stadion sepak bola berkapasitas 48.000 kursi dengan biaya £22 juta kepada pemerintah kota dan £20 juta ke Manchester City. Manchester City F.C. setuju untuk menyewa stadion dari Dewan Kota Manchester dan dipindahkan dari Maine Road ke stadion pada musim panas 2003.

Konstruksi Laing membangun stadion seharga £ 112 juta, dan Arup merancang dan merekayasanya, termasuk struktur atap penopang kabel yang terlepas dari mangkuk stadion utama dan ditopang seluruhnya oleh dua belas tiang eksternal dan kabel terkait. Rancangan stadion ini telah memperoleh pujian dan pengakuan luas, termasuk penghargaan Royal Institute of British Architects pada tahun 2004 untuk desain bangunan inklusif yang kreatif dan penghargaan khusus dari Institution of Structural Engineers pada tahun 2003 untuk desain strukturalnya yang khas.

Pada saat dimulainya musim sepak bola 2015-16, dek ketiga berkapasitas 7.000 kursi di Stand Selatan dibangun pada Agustus 2015.

Penambahan itu dimaksudkan untuk melengkapi desain atap yang ada.

No comments:

Post a Comment